Pemanfaatan Pekarangan Rumah untuk Menanam Sayur dan Buah dalam Rangka mendukung GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Bantul, Februari 2018 Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan melakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Banguntapan Utara. Tim Pengabdian kepada Masyarakat ini beranggotakan Nur Syarianingsih Syam, S.KM., M.Kes., Desi Nurfita, S.KM., M.Kes (Epid), dan Atikah Rahayu, S.KM., M.PH. Pengabdian ini bekerja sama dengan Pimpinan Cabang Aisyiyah Banguntapan Utara.

Permasalahan gizi merupakan salah satu masalah serius yang perlu mendapat perhatian karena kondisi kekurangan gizi akan menyebabkan rendahnya status kesehatan dan gizi yang berakibat pada rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia. Salah satu fokus aktivitas utama Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) adalah konsumsi sayur dan buah. Tujuan dari aktivitas ini adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. Sehingga permasalahan gizi tersebut dapat diatasi.

“Pelatihan Pemanfaatan Buah dan Sayur untuk Mendukung Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pada Kader Aisyiyah Banguntapan Utara” merupakan judul yang diambil dalam pengabdian ini. Pelatihan ini melibatkan kader Aisyiyah dan mayarakat di Ranting Banguntapan 1, Ranting Banguntapan 2, dan Ranting Banguntapan 3. Kader Aisyiyah dan Masyarakat sangat antusias selama mengikuti pelatihan ini.

Kader Aisyiyah dan masyarakat sangat tertarik dan mau memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk bertanam buah dan sayur, sehingga dapat dijadikan sumber pangan keluarga yang bergizi. Selain itu, masyarakat juga diajari bagaimana mengolah sayuran yang baik dan benar, pembagian bibit tanaman, dan pemanfaatan limbah plastik/botol air mineral untuk pot tanaman. Dengan kegitan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi masyarakat di wilayah banguntapan utara untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan, sehingga dapat ditanami sayur dan buah untuk pemenuhan gizi kelarga.

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan