Tenaga Kesehatan punya peran di Era SDG’s

Bertempat di Auditorium Kampus 3 UAD, Keluarga Alumni FKM UAD bersama FKM mengadakan kegiatan seminar nasional. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis (26/01) dengan tema “peran tenaga kesehatan di era SDG’s. Hadir sebagai keynote speaker Dr. Ridwan Thaha selaku ketua umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia. Selain itu juga dihadiri beberapa pembicara lain yaitu Dr. Trihono (ahli Gizi dari Kementerian Kesehatan) sekaligus Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia, M. Arafat, SKM (BKKBN Pusat) yang juga alumni FKM UAD, serta Rosyidah,M.Kes (Dosen FKM UAD). Seminar ini dihadiri oleh 150 peserta dari berbagai profesi dan mahasiswa.

“penting untuk kita ketahui peran SKM di era SDG’s sehingga SKM khususnya lulusan UAD bisa berkompetisi dalam mengahadapi berbagai tantangan kedepan” ungkap Ahmad Ahid Mudayana,SKM.,MPH selaku ketua panitia. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan pengurus Keluarga Alumni FKM UAD yang bekerjasama dengan FKM sebagai kontribusi untuk meningkatkan pengetahuan dan perkembangan bidang kesehatan terkini. “ini bagian kontribusi kami untuk almamater” tambahnya pada saat memberikan sambutan.

Di era saat ini Sarjana Kesehatan Masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan derajat sehat masyarakat. “Posisi profesi kesehatan masyarakat sangat strategis” ungkap Dr. Ridwan Thaha. Sehingga sangat penting sekali seorang SKM memiliki skill yang baik sehingga di era SDG’s mampu mengambil peran penting ini. Tantangan era SDG’s sangat berat sehingga diperlukan tenaga kesehatan yang professional seperti SKM sehingga target SDG’s bisa tercapai.