Waspadai Diabetes ! Kendalikan Kadar Gula Darah Di Masa Lansia

Oleh:

Fatma Nuraisyah

Diabetes sangatlah rentan di usia lanjut. Komplikasi dari diabetes di usia lanjut pun lebih banyak dibanding diabetes di usia produktif. Gangguan penglihatan dan pendengaran kerap terjadi pada penderita diabetes di usia lanjut. Hal tersebut dikarenakan kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah retina dan saraf dalam telinga. Untuk menghindari gejala diabetes  di usia lanjut ini, para manula sangat disarankan untuk mengontrol gula darahnya agar tetap normal. Biasakan gaya hidup dan pola makan yang sehat untuk menghindari diabetes pada manula.

Melalui peran kader lansia yang belum mampu mendeteksi dini diabetes mellitus pada lansia, maka pelatihan pemeriksaan kadar gula darah pada kader lansia dengan menggunakan alat glucometer sangatlah tepat. Glucometer merupakan alat yang mudah difungsikan dan available. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, setiap kader memiliki keahlihan untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah pada lansia, sehingga diabetes dapat dicegah dan dikendalikan  dengan pemeriksaan secara rutin.

Pelatihan ini dilakukan pada tanggal 05 Februari 2018 di Desa Dlingo, Kab. Bantul, beertempat di Pendopo Gunung Meker. Hasil kegiatan pelatihan ini selanjutnya kader yang hadir melakukan pemeriksaan kadar gula darah pada sesama kader lainnya. Penyampaian pelatihan deteksi dini kadar gula darah pada kader lansia dilakukan oleh Fatma Nuraisyah dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan.