ABDIMASY : Pentingnya Pemeriksaan Pada Lansia

Proporsi penduduk lanjut usia (lansia) yang semakin besar membutuhkan perhatian danperlakuan khusus dalam pelaksanaan pembangunan. Usia 60 tahun ke atas merupakan tahap akhirdari proses penuaan yang memiliki dampak terhadap tiga aspek, yaitu biologis, ekonomi, dan sosial.Secara biologis, lansia akan mengalami proses penuaan secara terus menerus yang ditandai denganpenurunan daya tahan fisik dan rentan terhadap serangan penyakit. Secara ekonomi, umumnya lansialebih dipandang sebagai beban daripada sumber daya. Secara sosial, kehidupan lansia seringdipersepsikan secara negatif, atau tidak banyak memberikan manfaat bagi keluarga dan masyarakat.

Keluarga merupakan sumber perawatan utama bagi lansia dikomunitas. Penggunaan sumber daya yang ada dikomunitas antara lain adalah pelayanan kesehatan atau organisasi masyarakat yang bergerak di bidang lansia. Salah satu pelayanan kesehatan di masyarakat adalah posyandu lansia. Melalui Posyandu lansia diharapkan dapat membantu dalam pemeliharaan kesehatan lansia,salah satunya adalah pemeriksaan kesehatan secara berkala, seperti tekanan darah, pemeriksaan gula darah sewaktu,pemeriksaan kolesterol, dan lain-lain.

Melalui Pengabdian Masyarakat, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan yang terdiri dari Fatma Nuraisyah,S.KM., M.PH, Desi Nurfita,S.KM., M.Kes (Epid), dan Machfudz Eko Arianto, S.KM., M. Sc mengadakan kegiatan Pemberdayaan Posyandu Lansia Untuk Peningkatan Taraf Hidup Lansia.Kegiatan yang telah dilakukan oleh tim antara lain : pendampingan materi penyakit degeneratif serta pemeriksaan kesehatan secara  gratis. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan lansia menjadi sadar akan pentingnya pemeriksaan berkala.

Kegiatan yang telah dilaksanakan tanggal 18-20 Februari 2017 di Dusun Sorogenen, Gamping, Sleman, Yogyakarta antara lain dilakukan pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan gula darah, senam lansia, peningkatan pengetahuan lansia tentang permasalan kesehatan lansia, PHBS lansia dan program kreatifitas lansia. Para peserta yang terdiri dari lansia, pra lansia, dan kader sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Peserta mengharapkan acara ini dapat berjalan rutin.