PRESS RELEASE

PRESS RELEASE

Pelatihan Penyiapan Kehidupan Sehat Bagi Petugas Dan Remaja

Di Panti Asuhan Yatim Putri  Aisyiyah Serangan Yogyakarta

Oleh :

Dr. Dra. Sitti Nur Djannah, M.Kes dan dr. Nurul Qomariyah,M.Med., Ed.

 

Fenomena permasalahan remaja saat ini menjadi perhatian yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti dengan bijaksana, agar remaja sebagai penerus bangsa dapat diandalkan kemampuannya untuk bangsa Indonesia. Sebagai penerus bangsa, remaja diharapkan sehat secara menyeluruh, yaitu sehat secara fisik, mental, sosial, religi, yang tidak hanya terbebas dari penyakit dan kecacatan sehingga hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Pemahaman remaja akan kesehatan menjadi bekal remaja dalam berperilaku sehat dan bertanggungjawab, namun tidak semua remaja memperoleh informasi yang cukup dan benar tentang kesehatan. Keterbatasan pengetahuan dan pemahaman ini dapat membawa remaja kearah perilaku beresiko. Bimbingan dan dukungan dari lingkungan di sekitarnya sangat diperlukan agar terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sebagai salah satu amal usaha muhammadiyah di bidang pendidikan, berperan aktif mendukung remaja untuk berperilaku sehat. Hal ini diwujudkan dalam salah satu bentuk kegiatan pengabdian masyarakat untuk pengurus dan juga penghuni Panti Asuhan yatim Putri ‘Aisyiyah Serangan Yogyakarta. Kegiatan ini mendukung Gerakan Aisyiyah Cinta Anak (GACA) yang telah di resmikan oleh ketua umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Siti Noorjannah Djohantini saat Rakernas Aisyiyah pada April 2016.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dipimpin oleh Dr.  R. Sitti Nur Djannah, M. Kes, diisi dengan kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 4 dan 11 Maret 2018. Pelatihan yang dilakukan yaitu pelatihan bidang kesehatan reproduksi remaja, terutama kesehatan seks yang sehat bagi remaja, agar terhindar dari dampak seks bebas dan mereka dapat terbentuk perilaku sosial remaja yang saling menghormati organ reproduksi sendiri dan orang lain, pelatihan sehat secara ekonomi, di antaranya pelatihan menumbuhkan jiwa kewirausahaan agar remaja mempunya cita-cita untuk masa depannya, pelatihan sehat secara mental, di antaranya melalui pelatihan bidang religi (muhasabah/evaluasi diri), agar terbentuk mental yang kuat sesuai norma agama dalam mensikapi perkembangan jaman. Serta pelatihan dalam menjaga kesehatan  fisik, di antaranya pelatihan membentuk perilaku senang pada olahraga sebaagai tindakan preventif untuk mempertahankan kesehatannya. Kegiatan tersebut diisi oleh pemateri yang merupakan dosen UAD dan praktisi keagamaan dan disampaikan dengan berbagai metode seperti ceramah, nonton video, diskusi, dan kegiatan senam bersama.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktek persiapan hidup yang sehat bagi remaja dan Petugas Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Serangan Yogyakarta sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya mencapai kehidupan yang sehat bagi masa depan remaja.