Tim Pengusung KKN PPM Adakan Gelar Produk dan Sarasehan Kewirausahaan

“Ada enam produk yang dihasilkan dalam program KKN PPM yang mempunyai nilai ekonomi untuk dijual. Produk-produk tersebut diberi label BOCIR (Bokashi Cair), BRIKET SMOLDER (Bahan Bakar Alternatif), KASCING (Pupuk Organik), BOPAD (Bokashi Padat), KAPSUL CACING (Obat Demam) dan SILASE (Pakan Ternak)” terang Dr. Surahma Asti Mulasari, S.Si., M.Kes., ketua dan DPL KKN PPM Kemenristekdikti saat gelar produk dan sarasehan di balai desa Sidorejo, Senin, (28/08/2017).

Program KKN PPM ini diawali karena permasalahan limbah pertanian dan pencemaran lingkungan di wilayah Sidorejo, Godean khususnya di dusun Kemirisewu XII, dusun Bantut V dan dusun Dongkelan XIII. Adanya teknologi tepat guna berupa alat-alat dan mesin-mesin yang diberikan disertai penyuluhan, pelatihan dan pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa KKN PPM maka masyarakat memiliki kemampuan untuk menciptakan produk-produk tersebut.

Pada hari senin tanggal 28 Agustus 2017 Program KKN PPM melakukan agenda besar yaitu “Gelar Produk dan Sarasehan Kewirausahaan” yang dihasilkan oleh masyarakat di ketiga dusun tersebut. Gelar produk-produk yang dipamerkan berupa produk-produk BOCIR (Bokashi Cair), BRIKET SMOLDER (Bahan Bakar Alternatif), KASCING (Pupuk Organik), BOPAD (Bokashi Padat), KAPSUL CACING (Obat Demam) dan SILASE (Pakan Ternak). Selain itu seminar kewirausahaan mengundang pakar yaitu Bapak Sarjudi, M.Pd dari Godean yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

Dalam acara pembukaan gelar produk dan seminar ini dihadiri oleh pimpinan UAD Dr. Abdul Fadlil, M.T., kepala LPM UAD yang diwakili oleh Ahmad Ahid Mudayana, S.KM.,M.PH., serta turut mengundang bapak Camat Godean, kepala desa Sidorejo, kepala-kepala dusun, tokoh masyarakat setempat serta warga desa Sidorejo. ”Kedepan harapannya dapat ditindaklanjuti dengan pendampingan dan kerjasama dengan berbagai pihak agar dapat berkembang menjadi unit usaha untuk kesejahteraan masyarakat sekitar” Ujar Tri Wahyuni Sukesi. Program KKN PPM ini diketuai oleh Dr. Surahma Asti Mulasari, S.Si., M.Kes. dan anggota Dr.Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si., Tri Wahyuni sukesi, S.Si., M.PH. dan Sulistyawati, S.Si., M.PH.