Rumah Sakit Harus Memberikan Pelayanan Prima
Jum’at (20/3) yang lalu, FKM UAD mengadakan kuliah umum di gedung kampus 3 UAD dengan tema Excellence Service di Rumah Sakit Swasta. Kuliah umum kali ini dihadiri sekitar 100 mahasiswa dari paminatan Manajemen Rumah Sakit (MRS) dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kajian Kualitan Pelayanan Kesehatan. Nara sumber kuliah umum ini menghadirkan Eka Budy Santoso. Beliau merupakan kepala Humas dan Pemasaran di RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta sekaligus ketua Perhimpunan Humas RS swasta DIY dan Jateng bagian selatan.
“Excellence service merupakan pemberian pelayanan terbaik atau prima kepada pelanggan yang bertujuan memberi keuntungan lebih bagi rumah sakit” ungkap Eka yang juga berprofesi sebagai fasilitator excellence service diberbagai rumah sakit. “Tersenyumlah, sekalipun diabaikan oleh pelanggan” imbuhnya. Ketidak ramahan petugas rumah sakit dalam memberikan layanan kepada pasien sering kali mendapat keluhan. Salah satu diantaranya sulitnya petugas rumah sakit dalam memberikan senyum kepada pasien atau keluarga pasien.
Kegiatan ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai Excellence service, selain itu nara sumber juga memberi banyak pelajaran kepada mahasiswa. Pelayanan prima sangat diperlukan bagi rumah sakit untuk menjaga mutu pelayanannya. “Kami diajarkan untuk selalu tersenyum, dalam kondisi apapun, diperhatikan atau diabaikan” ungkap Dina salah satu peserta kuliah tamu. “kami juga sempat diperagakan teknik senyum terbaik, sungguh luar biasa” imbuhnya saat diwanwancarai seusai kuliah tersebut. Adanya kuliah tamu ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terntang arti pentingnya pelayanan kesehatan yang berkualitas. Selain itu, mereka juga bisa belajar langsung dari praktisi yang dihadirkan sebagai narasumber. “agar mahasiswa lebih memahami pelayanan yang berkualitas di RS, sehingga bisa mengkaji lebih dalam lagi” ungkap Ahid selaku dosen yang mendampingi narasumber. Fenomena tidak ramahnya petugas di Rumah Sakit akhir-akhir ini memenuhi pembicaraan di dunia maya maupun didunia nyata. Hal ini sangat disayangkan, nama baik rumah sakit menjadi tercoreng. Mutu pelayanan yang baik merupakan pelayanan yang memfokuskan kepada pasien. Pembelajaran ini dapat menjadikan lulusan FKM memiliki kemampuan dalam menjaga mutu pelayanan kesehatan.